HUBUNGAN PRODUK DAN MEREK
Masing- masing produk berkaitan menggunakan produk-produk tertentu lainnya. Hierarki peroduk dari kotler & amstrong (1996:274) pada dasarnnya setiap produk secara hirarki herbi produk tertentu lainnya. Hirarki produk ini dimulai menurut kebutuhan dasar sampai dengan tipe produk yg akan memuaskan kebutuhan tadi. Hirarki produk terdiri atas tujuh tingkatan, yaitu:
a) Keluarga kebutuhan (need family). Kebutuhan ini yg mendasari eksistensi suatu gerombolan produk. Contoh: keamanan
b) Keluarga produk (product family). Semua kelas produk yang bisa memnuhi kebutuhan inti menggunakan lumayan efektif.
C) Kelas produk (product claas). Sekelompok produk pada keluarga produk yg diakui mempunyai ikatan fungsional tertentu. Contoh: instrument keuangan
d) Lini produk, sekelompok produk yg melakukan fungsi yang sama, pelanggan yang sama, saluran yang sama, dan tentang harga eksklusif. Contoh: iuran pertanggungan jiwa
e) Jenis produk ( product type). Sekelompok barang pada lini produk yang sama-sama mempunyai keliru satu berdasarkan beberrapa kmungkinan bentuk produk tadi. Contoh; iuran pertanggungan berjangka.
F) Merek (brand), yaitu nama yang dapat dihubungkan/ diasosiasikan menggunakan satu atou lebih item pada lini produk yg dipakai buat mengidentifikasikan asal atou karakter item tersebut. Contoh, iuran pertanggungan bumi puetra
g) Barang (item), yang jua disebut unit pencatatan persediaan atou varian produk. Unit tersendiri dalam suatu merek atou lini produk yang dapat dibedakan berdasarkan ukuran, penampilan, harga, atou suatu ciri yg lain. Contoh; iuran pertanggungan jiwa berjangka yang dapat diperpanjang.
Sumber : gedungarsitek