DIFERENSIASI PRODUK DAN JASA
Deferensiasi produk dan jasa seorang yang wirasuasta atou bekerja sendiri dan berkarya dan menjualnnya dengan produk dan jasa diri sendiri itu sangat baik dan bagus untuk mengembangkan suatu usaha kita terutama yang kita mampu, kita punnya skill dan saopskil kita menggabungkannya dengan tujuan supaya orang lain tau dan kenal dan ingin mengenali produk dan jasa kita dan karya-kaya kita akan menyebar luas di seluruh dunia.
Nah dikali ini aku akan membahas tentang diferensiasi produk dan jasa apabila anda mencari tentang diferensiasi produk dan jasa maka kalian tidak salah lagi berkunjung karna pada artikel ini saya akan membahas sebagian tentang diferensiasi produk dan jasa maka kalian beruntung sudah berkunjung ke website/blog ini karna yang kalian cari sudah saya tuliskan sebagian.
Baca Juga : Pengertian Produk Dan Jasa
Supaya dapat diberi merek, produk harus didiferensiasikan. Produk-produk fisik bervariasi dalam potensi mereka untuk diferensiasi. Pemasar selalu mencari dimensi baru.
1. Diferensiasi produk
Menurut Philip kotler, banyak produk dapat didiferensiasi berdasarkan bentuk (ukuran, model, atou struktur fisik produk). Contohnnya, aspirin. Walaupun pada hakikatnnya merupakan komoditas, ia dapat dideferensiasikan berdasarkan ukuran dosis, bentuk, warna, lapisan luar, masa fungsi.
A) Fitur (feature), melalui kuesioner, dapat didentifikasi dan diseleksi mengenai nilai pelanggan dibandingkan porto perusahaan buat pitur yg melengkapi fungsi dasar produk.
b) Pennyesuaian missal (mass customization): kemampuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggan untuk menyiapkan produk, jasa, program, dan komunikasi berbasis missal yang dirancang secara invidual.
c) Kualitas kinerja (ferformance quality), tingkat dimana karakteristik utama produk beroperasi. Empat level kinerja adalah: rendah, rata-rata, tinggi dan unggul. Perusahaan harus merancang satu level kinerja yang sesuai dengan pasar sasaran dan level kinerja pesaing.
D) Mutu kesesuaian (conformance quality), misalnnya mobil A didesain buat mencapai kecepatan 6 mil per jam pada 10 dtk. Jika produk yg selsai dirakit memenuhi itu, dikatakan memenuhi mutu kesesuaian tinggi.
e) Daya tahan (durability). Ukuran usia yang diharapkan atas beroperasinnya produk dalam kondisi normal/berat. Biasannya pembeli bersedia membayar lebih untuk produk dengan refutasi “tahan lama”
F) Keandalan (reability) merupakan ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak akan rusak atou gagal dalam priode ketika tertentu.
g) Mudah diperbaiki. Sifat mudah diperbaiki yang ideal adalah jika pemakai dapat memperbaiki sendiri dengan biaya yang relative kecil.
H) Gaya (style) pembeli mobil pembayar harga premium buat jaguar yg penampilannya
luar biasa.
Baca Juga : Ciri-Ciri Produk Dan Jasa
dua. Diferensiasi jasa
Menurut Philip kotler, jika produk fisik tidak mudah didefensiasi, kunci keberhasilan dalam persaingan sering terletak pada penambahan jasa atou pelayanan yang menambah nilai sera perbaikan mutu produk fisik itu. Pembeda utama layanan adalah hal berikut:
a. Kemudahan pemesanan (ordering ease). Banyak bank kini menyediakan perankat lunak perbankan dirumah buat membantu nasabah mendapatkan warta & bertransaksi dengan bank secara lebih efisien. Para konsumen kini bahkan sanggup
memesan & menerima bahan kuliner tanpa pulang ke supermarker.
B. Pengiriman (delivery). Mengacu pada seberapa baik produk atou jasa diserahkan pada pelanggan. Contoh; pizza disampaikan dalam keadaan panas pada pembeli pada rumah.
C. Pemasangan (installation) mengacu pada pekerjaan yang dilakukan buat menciptakan produk tertentu beroperasi dilokasi yg direncanakan.
d. Pelatihan pelanggan (customer training) mengacu pada pelatihaan para pegawai pelanggan untuk menggunakan peralatan dair penjual secara tepat dan efisien. (alat x-ray dsb).
E. Konsultasi pelanggan (customer consulting). Mengacu dalam pelayanan data, system keterangan, dan saran yg diberikan penjual pada pembeli.
f. Pemeliharaan dan perbaikan (maintenance dan repair) merupakan program pelayanan perusahaan untuk membantu pelanggan menjaga produk yang mereka beli senantiasa dalam kondisi kerja yang baik.
Baca Juga : Karakteristik Produk Dan Jasa
Nah itu pembahsan mengenai diferensiasi produk dan jasa mungkin ada beberapa yg aku ga tuliskan disini & mungkin kalian lebih tau & lebih tinggi ilmunnya menurut aku namung saya khususkan ini khususnnya buat orang umum yang mencari mengenai penjelasan tentang diferensiasi produk & jasa supaya tidak kebingungan maka baca & amati pahami atrikel ini & apabila ada yg kurang mohon maaf.
Hai kalian yang telah membaca tentang artikel diferensiasi produk dan jasa mungkin sekian dulu pembahsan dikali hari yg cerah ini disambung dilain saat & loka & apabila terdapat pertannyaan yg belum dimengerti boleh sanggup tannyakan pada kolom komentar atau pula lewat contact yang aku telah sediakan dan terima kasih atas kunjungannya.
Sumber : gedungarsitek