MANFAAT KEPUASAN PELANGGAN
Manfaat Kepuasan Konsumen , Kepuasan yaitu perasaan seseorang yang begitu sangat senang atau suatu yang sangat kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan sesuatu antara presepsi atau kesannya terhadap suatu kinerja atau (hasil) suatu produk dan apa yang diharapkannya.
Dan menurut (Kotler, 2000), kepuasan merupakan suatu fungsi dari persepsi atau kesan atas kinerja dan harapan. Jika kinerja dibawah suatu harapan, konsumen tidak begitu puas. Jika kinerja memenuhi suatu harapan, konsumen begitu puas. Jika kinerja melebihi suatu harapan, konsumen amat puas atau senang sekali.
Menurut Kotler (2000), kepuasan seorang konsumen merupakan suatu tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara manfaat produk dan yang konsumen rasakan dengan harapannya yang diinginkannya. Kepuasan konsumen adalah suatu penilaian konsumen atas produk ataupun suatu jasa dalam hal menilai apakah suatu produk atau jasa tersebut telah memenuhi suatu kebutuhan dan ekspektasi konsumen.
Dan Menurut Francis Buttle (2007: 28) beliau menyampaikan ?Naiknya suatu tingkat kepuasan akan semakin tinggi jua kecenderungan seorang konsumen buat pulang membeli suatu produk yang ditawarkan perusahaan?. Pada gilirannya syarat ini akan menghipnotis suatu perilaku konsumen & berdampak sangat signifikan terhadap suatu performa bisnis perusahaan.
Baca Juga : Tips Rahasia Mendapatkan Klien Baru
Manfaat menciptakan suatu kepuasan pelanggan akan membawa suatu pengaruh yang akbar bagi suatu perusahaan. Karna kepuasan & manfaat seorang konsumen itu sangat yg harus dipenuhi sang perusahaan. Dan seseorang ahli Ali Hasan (2013) menyatakan bahwasannya manfaat kepuasan pelanggan mencakup menjadi berikut :
Manfaat Kepuasan Pelanggan Meliputi
1. Pendapatan
Suatu imbas kepuasan pelanggan terhadap suatu kinerja pendapatan atau suatu keuntungan jangka panjang (performance measures reflecting long-term profitability) & dibentuk sang aneka macam suatu dimensi yg strategis dan yg lebih kompetitif melalui suatu aktivitas produksi baru, kesetiaan merek, asosiasi merek/ perusahaan, mutu produk, sanak keluarga berharga, kemampuan capaian karyawan dan seorang manajer.
Dua. Reaksi Terhadap penghasil Berbiaya Rendah
Karna mutilasi suatu harga oleh prusahaan dipercaya senjata paling digdaya buat mencari mangsa. Banyak pelanggan yg bersedia membayar harga lebih mahal buat pelayanan dan kualitas produk yang lebih baik. Suatu taktik terfokus pada kepuasan konsumen adalah cara lain yang paling terbaik pada mempertahankan seseorang konsumen untuk menghadapi para penghasil yg berbiaya rendah.
3. Manfaat Ekonomis
Dengan memertahankan dan memuaskan seorang konsumen karna saat ini jauh lebih mudah dibandingkan terus-menerus berupaya menarik atau memprospek konsumen baru, dan biaya memertahankan seorang konsumen lebih murah dibandingkan biaya mencari seorang konsumen baru.
4. Reduksi Sensitivitas Harga
Karna pelanggan yang sangat puas terhadap sebuah perusahaan cenderung lebih jarang menawar harga untuk setiap pembelian individualnya. Dan kepuasan seorang konsumen mengalihkan fokus pada harga pelayanan dan yang kualitas.
Baca Juga : Strategi Kepuasan Pelanggan
- Manfaat berdasarkan kepuasan pelanggan
- Pelanggan akan semakin loyal kepada kita.
- Adanya potensi pembelian ulang oleh pelanggan.
- Memudahkan kita untuk melakukan produk yang berbeda.
- Memudahkan kita untuk menwarkan sesuatu yang baru kepada pelanggan.
- Jadi pada hal ini masih ada 4 hal yaitu :
- Kepuasan konsumen merupakan strategi bisnis jangka yang paling panjang, membentuk dan memperoleh suatu reputasi produk-perusahaan diperlukan saat yg cukup nisbi usang, & diperlukan investasi besar pada serangkaian aktivitas bisnis buat membahagiakan seseorang konsumen.
- Kepuasan pelanggan adalah indikator kesuksesan bisnis pada masa depan yang mengukur kecenderungan reaksi pelanggan terhadap perusahaan di masa yang akan tiba.
- Dan program kepuasan seorang konsumen/pelanggan relatif cukup mahal dan hanya mendatangkan suatu laba jangka panjang yang relatif cukup lama.
- Ukuran kepuasan seorang konsumen lebih prediktif buat kinerja masa depan sekalipun nir mangabaikan suatu data akuntansi.
Pelanggan yang puas dapat mengakibatkan interaksi antara perusahaan dan pelanggan menjadi serasi, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan, sebagai advocator bagi perusahaan terutama waktu reputasi perusahaan atau produk dilecehkan sang orang lain, serta menciptakan rekomendasi positif menurut lisan ke ekspresi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.
Baca Juga :Tips Sukses Menjadi Seorang Marketing
Kepuasan seorang pelanggan akan dapat digunakan oleh suatu badan usaha untuk menciptakan suatu loyalitas pelanggan. Karna hal ini jauh lebih penting daripada berusaha untuk mendapatkan suatu konsumen baru, karena biaya yang diperlukan untuk mendapat seorang konsumen baru jauh lebih besar dibandingkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mempertahankan konsumen lama.
Jadi itulah pembahasan kali ini mengenai manfaat kepuasan konsumen karna sesuatu majunnya perusahaan dan seorang pembisnis itu tergantung kepada pelanggan tanpa seorang pelanggan konsumen perusahaan besarpun ga terdapat apa - apannya jadi janganlah sia-siakan seseorang konsumen majunnya seorang perusahaan itu karna konsumen tanpa mereka kalian tidak punnya apa-apa jadi teruslah pikirkan supaya konsumen merasa senang dan puas terhadap produk kita & prusahaan kita.
Mungkin hannya ini yang bisa aku sampaikan dikali ini semoga apa yang saya bagikan, update dan yg aku tulis ini bisa berguna untuk yang membutuhkan dan aku mengucapkan terima kasih atas kunjungan kalian dan yg membaca aku sekali lagi mengucapkan terima kasih dan bilamana kalian terdapat suatu pertannyaan maka jangan memalukan bertannya dan bertannyalah & sekian pembahasan menurut aku dan saya mohon pamit.
Sumber : gedungarsitek