FUNGSI PEMASARAN
Fungsi Pemasaran , Fungsi adalah sekelompok aktivitas yang tergolong pada jenis yang sama berdasarkan sifat atau pelaksanaannya. Pemasaran yaitu suatu proses pengantisipasian, pendefinisian, penciptaan serta pemenuhan suatu kebutuhan dan keinginan seorang klaien/konsumen akan produk dan jasa yang kita pasarkan. karna fungsi juga suatu kebutuhan dan kegunaan dari produk tersebut.
Pemasaran bisa juga diartikan perpaduan dari suatu aktivitas-aktivitas yang begitu saling berhubungan disuatu untuk mengetahui suatu kebutuhan klaien/konsumen, distribusi, dan mengembangkan suatu promosi, pelayanan dan harga agar suatu kebutuhan klaien/ konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada suatu tingkat keuntungan tertentu atau keuntungan dititik puncak keuntungan.
Dengan adanya suatu pemasaran, klaien/konsumen tidak perlu lagi memenuhi suatu kebutuhan langsung secara indvidual-sendiri karna menggunakan melakukan suatu pertukaran antara klaien/konsumen menggunakan pelaku pemasar sehingga akan adannya poly waktu klaien/konsumen buat aktivitas yang dikuasai atau disukai. Ada tujuh Fungsi Pemasaran, yaitu:
Baca Juga :Pengertian Strategi Pemasaran
Ada tujuh Fungsi Pemasaran
1. Analisis Konsumen
Merupakan pengamatan & evaluasai kebutuhan, impian dan asa konsumen. Analisis suatu klaien/konsumen akan melibatkan pengadaan berita umum seorang klaien/konsumen, dan penganalisisan keterangan konsumen, pengevaluasian suatu strategi pemosisian pasar, pengambangan profil klaien/konsumen, dan penentuan strategi segmentasi pasar yg sangat optimal.
Dua. Penjualan Produk/Jasa
Penjualan meliputi poly aktivitas pemasaran, misalnya iklan, promosi penjualan, publisitas, penjualan perorangan, manajemen energi penjualan, hubungan konsumen, dan hubungan diler.
Tiga. Perencanaan Produk dan Jasa
Perencanaan produk dan jasa meliputi banyak sekali aktivitas misalnya uji pemasaran, pemosisian produk dan merek, pemanfaatan garansi, pengemasan, penentuan pilihan produk, fitur produk, gaya produk, kualitas produk, penghapusan produk lama , & penyediaan layanan konsumen. Karna uji pemasaran adalah keliru satu teknik perencanaan suatu produk & jasa yg paling efektif lantaran memungkinkan sebuah organisasi buat menguji rencana pemasaran cara lain & meramalkan penjualan produk yang baru.
4. Penetapan Harga
Karna lima pemangku kepentingan (stakeholder) akan mempengaruhi keputusan penetapan suatu harga (pricing): klaien/konsumen, pemasok, pemerintah, distributor, dan pesaing. tetapi kadang - kadang bisa saja harga itu berubah karna ada suatu kendala yang lain.
5. Distribusi
Distribusi juga akan mencakup suatu penggudangan, dan saluran-saluran distribusi, dilokasi tempat ritel,cakupan distribusi, wolayah penjualan, serta kurir transportasi, dan penjualan grosir, dan ritel, tingkat lokasi persediaan. Distribusi menjadi sangat penting ketika sebuah perusahaan berusaha menerapkan strategi pengembangan pasar atau integrasi ke depan.
6. Riset Pemasaran
Riset pemasaran yaitu suatu pengumpulan, pencatatan dan penganalisisan suatu data yang sistematis akan mengenai berbagai persoalan yang terkait dengan suatu pemasaran barang dan jasa. Dan suatu aktivitas riset pemasaran mendukung semua suatu fungsi bisnis yang pokok dari sebuah organisasi yang ada dan atau yang didirikan.
7. Analisis Peluang
Analisis peluang melibatkan evaluasi atas porto, manfaat & resiko yang terkait menggunakan keputusan pemasaran. Tiga langkah yang diharapkan untuk membuat analisis porto-manfaat (cost-benefit analysis):
Baca Juga :Fungsi Strategi Pemasarann
- Tiga langkah yg dibutuhkan buat membuat analisis biaya -manfaat
2. Memperkirakan total manfaat berdasarkan keputusan tersebut dan
3. Membandingkan total porto menggunakan manfaat. Jika manfaat yg diperlukan melampaui total biaya , maka peluang itu menjadi lebih menarik.
Fungsi pemasaran bisa ditinjau pada tiga kategori
- Pertama adalah fungsi pertukaran, dan pembeli dapat memperoleh suatu produk dari produsen dengan menukar dengan uang maupun pertukaran produk dengan produk yang sering dikatakan (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali dengan tujuan mendapatkan untung atau malah sebaliknnya.
- Kedua yaitu fungsi distribusi fisik adalah suatu produk yang dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan suatu produk. Produk diangkut dari produsen mendekati konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, atau udara. Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan saat dibutuhkan.
- Ketiga fungsi perantara yaitu menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Dan aktivitas fungsi merupakan suatu perantara antara lain, pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta standarisasi atau penggolongan suatu produk.
Baca Juga :Tujuan Strategi Pemasaran
Dan Jika suatu fungsi pemasaran dijalankan bisa diartikan sebagai suatu taktik pemasaran. Tujuannya adalah memperbesar pengaruh terhadap pasar, baik pada jangka pendek juga jangka panjang yang didasarkan dalam riset pasar, penilaian, perencanaan produk, promosi dan perencanaan penjualan, serta distribusi.
Jadi orang yang melakukan suatu pemasaran atau disebut pemasar, sebaiknya memiliki suatu pengetahuan dalam suatu konsep dan prinsip akan pemasaran agar kegiatan suatu pemasaran dapat tercapai sesuai yang diinginkan dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak klaien/konsumen yang dituju.
Jadi itulah fungsi pemasaran ditulis dengan yang begitu renyah, ringkes, simple, & tentunnya mudah dimengerti, & semoga apa yg saya tulis ini & yg aku update ini bisa bermanfaat siapa saja yg membutuhkan dan saya mengucapkan terima kasih pada yang sudah berkunjung ke website/blog aku & yang udah membaca tulisan ini aku mengucapkan terima kasih & mungkin sekian pembahasan menurut saya disambung dan dilanjut dilain waktu.
Sumber : gedungarsitek